Jumat, 29 April 2011

Pemanfaatan Tepung Kerabang Telur

            Kerabang telur menurut sebagian orang merupakan hasil ikutan ternak yang menganggaopnya limbah dan dapat mencemari lingkungan serta tidak dapat dimanfaatkan. Apabila dimanfaatkan kerabang telur mempunyai potensi yang cukup besar.
Pemanfaatan kerabang telur salah satunya adalah dengan pembuatan tepung kerabang telur. Pemberian tepung kerabang telur pada pakan ayam petelur dimaksudkan sebagai sumber kalsium akan memberikan pengaruh yang nyata terhadap kualitas dan kekuatan kerabang telur yang dihasilkannya. Kekuatan kerabang telur dipengaruhi oleh ketebalan kerabang dan konsentrasi lapisan pagar yang terdapat dalam lapisan bunga mamilary, sehingga kekuatan kerabang telur dapat dikatakan faktor penentu kualitas kerabang telur. Akan tetapi korelasi antara kekuatan kerabang telur tidak begitu baik dengan ketebalan kerabang telur (Meyer et al., 2003).
Yuwanta (2010) menjelaskan metode yang dipergunakan dalam prosesing limbah kerabang telur untuk pakan ayam petelur, adalah diawali dengan perendaman kerabang telur dengan air panas 800 celcius selama 15-30 menit, dibersihkan, setelah itu lalu dikeringkan. Kemudian direndam lagi menggunakan asam fosfat dengan beberapa konsentrasi, setelah itu dibuat tepung. Setelah jadi tepung, kemudian dicampur dengan bahan baku pakan lain seperti jagung giling, bekatul, bungkil kedelai dan lain-lain.
Pemanfaatan limbah kerabang telur menurut Yuwanta (2010) merupakan salah satu upaya untuk memperkaya nutrien mineral dalam pakan untuk ayam petelur. Kerabang telur menyusun sekitar 10% dari total berat telur. Kerabang telur sebagian besar (98,4%) terdiri dari bahan kering dan hanya 1,6% air. Kerabang telur mengandung 95,1% mineral dan 3,3% protein. Selain itu diantara mineral tersebut yang paling banyak adalah kalsium karbonat (98,43%), magnesium karbonat (0,84%) dan kalsium fosfat sebanyak 0,75%,
Syahputra (2006) menambahkan bahwa tepung kerabang telur adalah suatu produk olahan dari limbah telur yang masih mengandung kalsium tinggi. Tepung kerabang telur banyak dimanfaatkan sebagai bahan tambahan atau fortifikasi dalam suatu produk pangan untuk meningkatkan nilai gizi produk tersebut, khususnya kalsium.
Tepung kerabang dalam pemanfaatanya telur dapat digunakan sebagai perekat karena mengandung 98% kalsium karbonat (CaCO3), sehingga tepung kerabang telur dapat dikombinasikan dengan semen sebagai perekat dalam pembuatan papan semen partikel (Syahputra, 2006).
Menurut Syahputra (2006) Papan semen partikel adalah salah satu jenis papan komposit yang dibuat dari campuran partikel-partikel kayu atau bahan berlignoselulosa lainnya dengan semen sebagai perekatnya. Kelebihan papan semen partikel antara lain tahan api, tahan serangga, mempunyai sifat keteguhan tekan dan keteguhan lentur yang tinggi. Papan semen juga mudah digergaji, dipaku, dapat diplester dengan baik dan dapat direkatkan dengan semen satu sama lainnya.
Kerajinan Kerabang Telur
Telur yang merupakan makanan manusia sehari-hari menghasilkan limbah berupa kerabang atau cangkang yang kebanyakan dibuang sebagai limbah. Namun, ketika kerabang telur tersebu ada di tangan orang-orang terampil dan kreatif bisa menjadi kerajinan kerabang yang sangat indah dan bernilai ekonomi(Galeri UKM, 2010). Kerajinan kerabang telur merupakan perpaduan kreatifitas dan upaya memanfaatkan limbah yang tidak terpakai. Kerajinan kerabang telur memiliki prospek ekonomi dan peluang usaha yang cukup menjanjikan, menurut beberapa pengrajin permintaan kerajinan kerabnag telur terus meningkat di beberapa daerah di Indonesia (Galeri UKM, 2010).
Aneka kerajinan kerabang telur dengan berbagai bentuk dapat dibuat dengan sangat indah dan artistik. Kerabang telur dapat dijadikan bahan penghias furnitur dan aksesoris penghias rumah yang unik. Kerabang telur yang dicat atau diukir menjadi hiasan, tidak kalah menarik dengan material lainnya. Beberapa kerabang telur hewan yang dapat dijadikan Kerajinan Kerabang Telur antara lain dari telur ayam, telur bebek, telur burung puyuh, hingga yang terbesar telur burung onta (Galeri UKM, 2010).
Kerajinan yang berasal dari kerabang telur memiliki beberapa kelebihan antara lain adalah tahan terhadap api, tidak akan dimakan oleh rayap atau hama lainnya, serta tahan terhadap pergantian cuaca, serta apabila terkena sinar matahari, tidak akan memudarkan warnanya (Galeri UKM, 2010)
DAFTAR PUSTAKA
Galeri UKM. 2010. Kerajinan Tangan Dari Kulit Telur. http://galeriukm.web.id/unit-usaha/handicraft/kerajinan-tangan-dari-kulit-telur [26 Maret 2011]
Meyer, R., R.C. Baker and M.L. Scott. 2003. Effects of hen egg shell and other calcium sources upon egg shell strength and ultrastructure. J. Poultry Sci. 62 : 2227 - 29.
Syahputra, Ade. 2006. Pemanfaatan campuran tepung kerabang telur dengan semen berbahan dasar serat kelapa sawit dalam pembuatan papan semen partikel [Skripsi]. Bogor: Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor.
Yuwanta, Tri. 2010. Pemanfaatan Kerabang Telur. Program Studi Ilmu dan Industri Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar